Facebook, Twitter, Google, Yahoo, Bing, Tumblr, Blogger,Tutorial, Aplikasi, Software, Budidaya,Editor / Converter, Prosessor, ROOT

Tuesday, August 26, 2014

Hal - hal yang membuat inggatan menurun

Sering melupakan hal kecil seperti meletakkan kunci mobil atau kacamata? Pikun tidak selalu dipengaruhi usia. Mau berusia 16 atau 60 tahun, Anda tetap bisa jadi pelupa. Jangan anggap itu sepele.

Penurunan memori bisa dipengaruhi banyak hal. Mengutip Life Span, berikut tujuh di antaranya.

Depresi

Saat depresi, Anda akan sulit konsentrasi dan mengingat. Sebab, Anda terlalu berkubang dengan perasaan negatif. Emosi seperti kemarahan, ketakutan, dan kecemasan juga bisa memicu lupa.

Bingung

Multitasking memang menantang, tapi kelamaan juga bisa membuat bingung dan stres. Karena pikiran dipenuhi hal yang harus dilakukan, sangat mungkin Anda kehilangan memori. Solusinya mudah: fokus.

Tidak jujur

Banyak yang tidak jujur soal apa yang dirasakan, entah karena malu atau takut. Karena aspek emosional diabaikan, perasaan dan pikiran akhirnya tidak terhubung. Itu berdampak serius pada memori.

Otak terdiri dari dua bagian: kiri untuk mengatur logika sementara kanan memfasilitasi fungsi artistik dan emosional. Gunakan kedua sisi agar lebih seimbang dalam berpikir. Itu juga baik untuk memori.

Obat-obatan

Narkotik dilarang karena tak baik untuk otak. Penyalahgunaan narkotika dapat menyebabkan penurunan memori karena memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab atas fungsi kognitif.

Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah mental, termasuk kerusakan memori retrospektif. Itu merupakan pemulih kenangan, yang mencegah Anda menjadi pelupa.

Kebiasan minum alkohol juga membuat suplai oksigen di otak berkurang. Seiring waktu, kondisi itu dapat menyebabkan efek negatif pada seluruh sistem saraf pusat.

Defisiensi tiamin

Tiamin merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk metabolisme makanan dan mengubahnya menjadi energi. Untuk dewasa, jumlah standar konsumsi tiamin maksimal 1,2 miligram per hari.

Jika jumlah itu kurang, Anda akan menderita sindrom Wernicke-Korsakoff. Itu merupakan jenis gangguan neurologis yang mengarah ke kehilangan memori jangka pendek dan jangka panjang.

Kurang tidur

Tidur menyegarkan tubuh dan pikiran. Saat tidur, tubuh melakukan perbaikan sel dan jaringan yang rusak. Selain itu, tidur juga waktu tepat menciptakan gelombang otak untuk menyimpan kenangan.

Gelombang otak mengirim kenangan ke korteks prefrontal, yakni bagian otak yang menyimpan kenangan jangka panjang. Bila Anda kurang tidur, kenangan tidak dapat bergerak menuju korteks prefrontal. Akibatnya, Anda mudah lupa dan kehilangan memori jangka pendek.


pass : sembodoo
http://sembodoo.blogspot.com/

source : vivalife

No comments:

Post a Comment